Mengapa saya bangun malam tidak mudah?

Tips agar mudah bangun malam (untuk melakukan ibadah sholat tahajud) belum pernah saya dapatkan baik langsung dari orang yang biasa bangun malam maupun dari membaca. Tapi dulu waktu usia mahasiswa S1, aku waktu itu alhamdulillah mempunyai alarm internal yang bisa aku perlombakan dengan jam pembangun (weaker clock, yang mekanis harus diputar rutin biar jalan terus). Dan yang terjadi aku sering sekitar 15 detik lebih cepat daripada jam tersebut sehingga sebelum jam itu berbunyi aku sudah berhasil menahannya terlebih dulu agar tidak bunyi.

Sekarang setelah aku beranjak tua, tiba-tiba tradisi itu terlupakan, apalagi tradisi bangun mendahului alarm. Pernah malahan beberapa alarm aku pasang agar aku bisa bangun malam, tidak satu pun nada alarm itu yang berhasil aku dengar sehingga praktis mereka tidak berhasil  membangunkanku dari tidur malamku.

Baru saja aku mendengar ceramah bahwa ternyata fisik dan ruh mempunyai makanan yang berbeda dan saling melemahkan. Kalau fisik diberi makan sampai (terlalu) kenyang, ruh akan lemah. Sebaliknya, kalau ruh diberi makan, fisik juga lemah. Contoh makanan ruh antara lain adalah bangun malam. Dan ini melemahkan fisik. Inilah mengapa bangun malam sulit, karena fisik tidak rela untuk jadi lemah gara-gara bangun malam.

Seperti halnya fisik yang kalau tidak diberi makan dalam beberapa bulan atau hari, fisik akan lemah dan mati, demikian juga dengan ruh. Ruh yang lama tidak mendapatkan nutrisi secara rutin akan lemah.

Sehingga aku kini jadi paham kondisiku. Saat ini kondisi fisikku jauh lebih kuat daripada ruhku. Orang yang berhasil bangun malam adalah mereka yang ruhnya sedemikian kuatnya sehingga bisa mengalahkan pemberontakan fisik untuk tidak mau bangun malam.

Sehingga sampai di sini aku menduga, kalau akhir-akhir ini aku sulit sekali bangun malam, tips praktis agar mudah bangun malam adalah sebagai berikut:

  • – dengan diagnosis bahwa fisik terlalu kuat, kita perlu sedikit melemahkan fisik dengan terapi ibadah misalnya puasa (puasa berkhasiat melemahkan fisik dan menguatkan ruh), atau kalau tidak puasa, kita harus berhati-hati dengan dosis makan sehari-hari kita. Kita gunakan saja aturan Kanjeng Nabi dengan rumus sepertiga makan, air dan udara, dan rumus berhenti makan sebelum kenyang, jangan makan kalau belum lapar.
  • – dengan diagnosis bahwa ruh kita lemah atau mungkin semaput (amnesia), kita perlu sedikit demi sedikit untuk memulihkan kekuatan ruh kita dengan secara rutin memberi makanan kepada ruh kita sebagaimana kita secara rutin dan konsisten memberi makan kepada fisik jasmani kita. Makanan yang bisa menguatkan ruh kita antara lain adalah rutin dan istiqomah membaca alqur’an dalam dosis/takaran tertentu semaksimal yang kita mampu setiap hari, beristighfar setiap hari sampai menembus di hati dan ruh dalam dosis tertentu rutin, bersholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW dalam dosis tertentu dan rutin, dan berdzikir setiap saat.

Nah, setelah tips agar mudah bangun malam (untuk salat tahajjud) di atas kita laksanakan secara rutin dan ikhlas lillahi ta ala, tidak ada jeleknya kita juga mengimbangi dengan senantiasa berdoa meminta pertolongan kepada Alloh swt agar dimudahkan dalam bangun malam. Nanti lama-lama insya Allah cita-cita untuk bisa rutin bangun malam akan tercapai dan berhasil kita jadikan sebagai aktivitas rutin kita sehari-hari. Dan ini tentu saja sebagai aset positif untuk bisa kita jadikan wasilah agar lebih disayangi dikasihi dan dicintai oleh Alloh swt. Dan siapa sih orang yang tidak ingin disayangi oleh Alloh swt?

One response to “Mengapa saya bangun malam tidak mudah?

  1. wah luar biasa bos, akhirnya saya jadi tau penyebabnya kita susah bangun malam. makasih bos tips nya mari kita berlomba-lomba dalam kebaikan

Leave a Reply

