Kaya

Karena belum pernah menjadi orang kaya, maksudnya orang yang rumahnya magrong-magrong, banyak di mana-mana, tanahnya juga pating tlecek di mana-mana, dan masih saja tetap bernafsu untuk membeli rumah-rumah dan tanah-tanah, aku belum bisa membayangkan, sebenarnya menjadi orang kaya itu kayak apa.

Belum pernah juga aku ketemu atau berteman dengan orang semacam itu. Sehingga aku belum bisa sempat bertanya, bagaimana mereka dalam statusnya sebagai orang kaya.

Kalau aku mengkilas balik, kehidupanku adalah kehidupan yang biasa-biasa saja. Sedari kecil pergaulanku juga dengan orang-orang yang biasa-biasa saja. Apakah ini yang menyebabkan aku menjadi kurang begitu bergairah untuk menjadi menonjol (memimpin kelompok), juga tidak pernah terpikir diriku untuk menjadi kaya.

Kadang memang muncul angan-angan di benak, kalau bisa begini dan begitu, seperti apa ya jadinya. Tapi angan-angan semacam ini apa ya konstruktif. Karena aku pernah diomongi orang, berangan-angan kosong seperti itu tidaklah mendidik.

Di lain pihak, pernah juga ada yang ndobos, orang itu harus punya cita-cita. Cita-cita pun tidak boleh tanggung-tanggung. Cita-cita harus real dan sekongret mungkin. Dia bilang, tidak boleh cuma ingin kaya, tapi harus sangat spesifik sekalian dengan tanggal dan jam berapa, sampai dengan jumlah nominal rupiah yang akan digenggam, sampai dengan jumlah rumah yang akan ada di tangan, sampai dengan detil-detil rumah apa yang diinginkan.

Pihak lain ini bilang, begitulah cara kerja orang kaya. Sebelum orang kaya, katanya, orang tersebut sudah punya gambaran ke depan bahwa pada tanggal dan jam tertentu orang itu akan mempunyai ini dan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s