Internet Banking Bank BNI Indonesia, baguskah?

Sebagai bank pemerintah, mempunyai fasilitas Internet Banking bagi Bank BNI adalah membanggakan.

Sebagai konsumen, memang fasilitas itu adalah sudah sepantasnya, mengingat para nasabah tabungan secara disiplin harus rela untuk disunat (dipotong) uangnya tiap bulan, di samping wajib memenuhi peraturan saldo minimal tiap-tiap bulan. Kalau saldo kurang dari minimal, sunatan tambahan pun diberlakukang.

Besarnya sunatan yang diberlakukan di Bank BNI (juga di bank-bank lain yang berdiri di Indonesia), mengharuskan konsumen untuk kritis terhadap pelayanan yang diberikan oleh Bank BNI.

Salah satu pelayanan yang tersedia di Internet Banking adalah fasilitas pengecekan mutasi.

Tahukah Anda (sampai hari ini, waktu blog ini ditulis) bahwa kita hanya bisa mengecek mutasi yang terjadi hanya paling lama 30 hari dari tanggal yang bersangkutan? Semua mutasi yang lebih tua dari itu tidak akan pernah bisa kita lihat dan pantau lewat Internet Banking. Nah!

Pertanyaan: “Apa sulitnya memberi fasilitas pelanggan agar mereka mampu mengecek mutasi, misalnya 180 hari ke belakang atau bahkan 360 hari  ke belakang (atau lebih)?” Sistem komputer sekarang jelas berbeda dengan sistem komputer jaman bahula. Sekarang biaya media penyimpan jauh amat drastis lebih murah dibanding jaman bahula. Para penyedia email gratis berlomba-lomba untuk memberi fasilitas penyimpan kepada para konsumen gratisnya secara besar-besaran. Nah!

Kenapa Bank BNI hanya memperbolehkan para pelanggannya (yang tiap bulan secara disiplin disunati uangnya) hanya dalam jangka waktu 30 hari ke belakang?

[Postingan ini mungkin pula berlaku untuk Internet-Internet Banking Bank-bank selain Bank BNI.]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s