Mengejar SEO setinggi-tingginya, banyak website Indonesia menjadi sampah di hasil pencarian Google

Menghalalkan segala cara, mungkin itu adalah frasa yang kurang tepat untuk banyak website Indonesia yang ingin mengejar SEO tinggi. Berbagai cara, trik, dan “tipu muslihat” ditempuh agar kata-kata pencarian yang dicari oleh para pencari informasi lewat Internet bisa manggrok ke website mereka. Kata pencarian apapun mereka menyediakannya.

Sebagai contoh, saya baru saja menggoogle dengan kata kunci “damri bungurasih bandara”, ranking pertama diduduki oleh ini:

http://www.duui.net/tag/damri-juanda-bungurasih/

Cobalah Anda browsing root dari web itu:

http://www.duui.net/

Misi dan visi dari web tersebut sangat tidak relevan dengan kata kunci saya “damri bungurasih bandara”. Saya simpulkan, web duui.net “berhasil” mengelabuhi, men-spam mesin pencari Google. Pada gilirannya, duii.net berhasil mengelabuhi atau “menipu” saya tentang informasi “damri ngurasih bandara” yang saat ini saya perlukan.

Alangkah lucunya kalau website duui.net masuk ke peringkat pertama pencarian Google dengan kata kunci “damri bungurasih bandara”.  Harusnya secara akal sehat, web-web yang mesti masuk peringkat atas (di halaman pertama) google adalah web-web tentang bandara (misalnya web resmi bandara Juanda, Surabaya), web-web tentang transportasi (misalnya web resmi perusahaan bus kota milik negara Damri).

Nah, padahal web-web pengacau semacam duui.net saat ini jumlahnya tidaklah sedikit. Search Google akhirnya menjadi tidak efektif dan efisien lagi kalau web-web pen-spam Google ini semakin bertambah banyak dan semakin bertambah licik dan cerdik.

Pemilik web pengacau /pen-spam Google mungkin merasa bangga bisa berhasil mengelabuhi kerja robot dari mesin Google. Namun mereka tidak menyadari bahwa dengan begitu, mereka sadar atau tidak merugikan sebagian besar pengguna Internet dalam menemukan informasi yang akurat dan bermanfaat dari sumber yang tepat secara efektif dan efisien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s