Kelemahan menggunakan layanan hosting dengan IIX dalam negeri ketika menggunakan WordPress

Saya menemui problem ini:

http://justepri.web.id/addressing-http-error-when-requesting-api-in-wordpress

dan saya sudah mengganti angka 5 menjadi 30. Namun problem masih juga belum bisa teratasi. Apakah saya perlu menggantinya menjadi 300? [Note: benar, ternyata setelah saya ganti menjadi 90, saya berhasil menge-load beberapa theme wordpress dari panel admin saya. Jadi kalau rekan-rekan mengganti dengan 30 kok wordpress masih mengeluh, ganti saja dengan 90, atau tambahi lagi lebih tinggi, sedikit demi sedikit.]

Mengapa hal ini terjadi? Dugaan saya adalah karena saya menyewa hosting dulu memilih server dalam negeri IIX. Nah, dugaan saya adalah server IIX dalam negeri yang dikelola oleh hosting tersebut (nama saya rahasiakan, karena saya tidak ingin menjatuhkan hosting yang terkenal itu, biar bisnisnya tetap selamat dan berjalan lancar) ketika berhubungan dengan situs-situs luar negeri, termasuk bila diakses dari luar negeri trafiknya sangat lemot.

Ini juga saya derita ketika saya harus meng-update dan mengakses situs yang saya hostingkan di situ dari luar negeri. Tapi ini secara sementara saya bisa memanfaatkan proxi gratis yang terpasang di Indonesia untuk mengakses situs tersebut. Biasanya kecepatannya naik beberapa kali lipat kalau saya mengakses lewat proxi dibanding saya mengakses langsung. Ini karena hubungan saya (dari luar negeri) dengan proxi biasanya lumayan lancar dan hubungan proxi (karena di dalam negeri) dengan server IIX tersebut memang mungkin lancar banget.

Ini pula mengapa saya tidak bisa meng-update wordpress saya secara otomatis, lewat tombol klak-klik. Gara-gara ini, lagi-lagi saya harus update wordpress saya secara manual.

(….. nah lo ketemu kayaknya penyebabnya ….)

Pelajaran: ketika server IIX dalam negeri masih lemot bila diakses dari luar negeri, harap rekan berpikir lima kali sebelum menjatuhkan pilihan ke sana. Kayaknya mendingan pilih server yang lumayan enak, misalnya server singapore. Sepertinya server singapore cepat diakses dari dalam, cepat dari luar.

Pertimbangan bahwa sebagian besar pengakses adalah dari dalam negeri, kayaknya kurang bisa dijadikan alasan, karena trobel-trobel yang saya uraikan di atas.

Namun, saya masih tetap berharap, mudah-mudahan kelemotan trafik dari server IIX ke/dari luar negeri bisa segera dapat di atasi. Amin.

One response to “Kelemahan menggunakan layanan hosting dengan IIX dalam negeri ketika menggunakan WordPress

  1. Thx infonya mas. Ini persis banget seperti yang saya alami. Saya pake WP 3.0.3, jadi file yang diedit adalah /wp-includes/class-http.php, bukan http.php. sudah rubah timeout jadi 60, saya baru bisa activate plugin All SEO Pack. Plugin-install masih nampilin error yang sama. Walaupun timeout sudah saya ganti jadi 90, errornya masih muncul juga. Btw, infonya sangat membantu.

Leave a Reply

