dari sudut ke sudut

dari sudut orang yang belum beruang, dikatakan bahwa orang beruang itu umumnya pelit. Sudah punya uang banyak, tidak mau tahu kalau di sekitar mereka sungguh amat banyak terdapat orang di bawah miskin. Bukan hanya miskin, tapi di bawah miskin.

Dikatakan pula mereka itu rakus. Sudah punya uang banyak, ingin tambah banyak, terus. Sudah dapat tambah banyak, ingin tambah lagi. Mencari uangnya tidak berhenti-henti. Tidak ada kata istirahat. Mengeruk, mengeruk, dan mengeruk.

Dikatakan juga mereka itu egois. Caplok sini, caplok sana. Gusur sini, gusur sana. Tendang sini, tendang sana.

Apakah kalau paragraf-paragraf di atas dibaca oleh orang kaya, mereka setuju?

Dari sudut orang kaya, ternyata paragraf-paragraf di atas tidak benar. Mereka bilang tidak pelit. Mereka bersedia mengeluarkan sebagian besar uang mereka asalkan ada imbal baliknya. Mereka bersedia menyumbang untuk kepentingan orang-orang miskin asalkan mereka bisa diliput media. Mereka bisa terkesan sebagai orang dermawan.

Mereka juga tidak segan-segan beribadah ke tempat-tempat suci dengan kelas VVIP. Dengan begini mereka bisa merasa bahwa uang yang sudah mereka kumpulkan itu adalah pemberian Tuhan.

Mereka juga tidak setuju kalau dikatakan rakus. Mereka itu tidak rakus, tapi memanfaatkan kesempatan. Mereka bilang, kesempatan tidak datang untuk yang ke dua kalinya. Mumpung kaya, selagi kaya, maka harus dipertahankan. Harus ditingkatkan. Jadi ini bukan kerakusan tapi prestasi. Prestasi yang selalu meningkat dan menggembirakan. Mereka dengan begini bisa puas.

Mereka tidak setuju kalau dibilang egois. Orang mereka juga bekerja sama. Mereka membentuk jaringan. Jaringan antar orang-orang kaya. Jaringan mereka makin lama makin luas. Mereka saling menolong di dalam jaringan itu.

Dus gimana ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s