Potongan Menabung di Bank-bank di Indonesia vs di Bank-bank di Taiwan

Di waktu kecil aku diajari menabung. Menabung pertama di bank waktu itu adalah di Bank Tabungan Negara. Waktu itu transaksi aku lakukan lewat Kantor Pos di Juana. Ada teman, waktu itu menabung juga di Bank Rakyat Indonesia Unit Desa. Perasaan, waktu itu, tidak banyak potongan/biaya administrasi yang dilakukan oleh bank kepada orang-orang yang menabung. Tidak ada lah, yang namanya potongan.

Bagaimana dengan sekarang? Baru saja saya melihat potongan per bulan yang dilakukan oleh Bank Negara Indonesia (Bank BNI) adalah 10000 rupiah per bulan. Selain itu, kalau saldo kita di bawah saldo minimal yang ditetapkan oleh bank BNI, ada lagi tambahan potongan 5000 rupiah per bulan.

Sementara itu Bank Mandiri mengenakan potongan 9000 rupiah per bulan, ditambah potongan biaya kartu warna kuning 3500 rupiah per bulan; sehingga total potongan per bulan adalah 12500 rupiah per bulan. Selain potongan, juga ada pajak atas bunga.

Aku tidak yakin kalau bank-bank lain tidak ada yang mengenakan hantaman potongan ini. Ini mengingat, Bank Muamalat yang dulu pernah mengeluarkan kartu shar’e dengan ketentuan waktu itu bebas potongan, sekarang juga sudah mengikuti bank konvensional. Kalau tidak salah potongan bank muamalat per bulan untuk kartu shar’e adalah 5000. Ada juga ketentuan lain, kalau saldo kurang dari saldo minimal kita juga dikenakan potongan tambahan per bulan.

Dus, keyakinanku makin bulat kalau seluruh bank yang berdiri di Indonesia adalah bank-bank yang rajin memungut potongan kepada para nasabahnya, secara hantam kromo. Tidak ada lagi nasabah yang bebas potongan, termasuk para penabung skala kecil dan skala anak-anak sekolahan maupun mahasiswa.

Anak-anak sekolah yang belajar nabung di bank, sekarang ini sudah tidak bisa lagi. Mengapa? Hampir setiap bank mengenakan peraturan saldo minimal. Di bawah saldo minimal, akan ada hukuman berupa potongan. Meski saldo tabungan anak sekolah di bank di atas saldo minimal, karena potongannya luar biasa tinggi, tabungan mereka lama kelamaan akan habis digerogoti oleh bank jaman sekarang. Ada orang bilang, dasar bank jaman sekarang itu, maaf, bangsat.

Kondisi mengerikan di atas ternyata tidak berlaku di Taiwan. Saya menabung di Standard Chartered cabang Taiwan dan bertanya akan hal ini, pihak SCB sini mengatakan tidak ada ketentuan saldo minimal dan tidak ada teknik pemotongan per bulan. Demikian pula halnya dengan bank bank lain, sepertinya, yakni Post Bank, First Bank, China Trust Bank, dsb.

Pertanyaan yang muncul: kalau bank-bank Taiwan seperti itu, mengapa bank-bank di Indonesia seperti itu? Padahal biang kerok (nenek moyang) (sistem) yang dianut adalah sama-sama sistem kapitalis. Apakah ini berarti teknik kapitalis yang diberlakukan di Taiwan lebih melindungi penabung skala kecil? Apakah ini berarti kapitalisma bank di Indonesia adalah kapitalisma yang membabi buta? Entahlah, padahal di Indonesia orang-orangnya jarang (bahkan hampir tidak ada) yang makan babi, sementara itu di Taiwan sini babi adalah makanan yang banyak tersaji.

[Diskusi di atas tidak membahas kontroversi seputar haramnya bunga bank, lho. Tapi saya mempertanyakan mengapa bank kita kok seperti itu akhir-akhir ini.]

15 responses to “Potongan Menabung di Bank-bank di Indonesia vs di Bank-bank di Taiwan

  1. sy juga ingin sekali menyuarakan hal yg sama. kita ini org kecil, penghasilan juga kecil. tp apalah daya kita.

  2. awalx aku kira bak syariah tidak da potongan mangkax aku buka rekening di bank syariah………….?eh tidak aku sangka lok bank syariah yg tau agama, juga menerapkan hal sistem potongn tersebut…. dosax akn di lipat gandakan……

  3. gitu ya. jadi makin ragu mau nabung di bank.
    kalau potongan paling rendah bank apa ya?

  4. tp untuk saat ini memang ada bank syariah yang perbulannya tidak ada potongan sama sekali. klo mau tahu email ke sya aja lngsung.
    makasih…

  5. Mbk.Reni sya pngen tau. .thankz

  6. pke bank plecit aja tu….biar mati kita rame2….

  7. samasaya juga kcwa, punya pinjaman di mandiri tapi qo uang THR saya jg di embat semua,dengan alasan ini itu yang tidak masuk akal.kalu bisa gajian ga usah di bank,mending kaya dulu aj,di amplopin receh recehnya juga di masukin.

  8. :( Hasil pencarian google membawa saya ke blog ini dan hasilnya kok suram ya :(
    Nga jadi nabung sudah kalo begini. Mending di simpan saja daripada habis di potong sama bank

  9. buat ente sekalian mendingan ente nabung di uang internet….contoh seperti , tp untuk di indonesia ente mesti beli dulu di,, persahan yg bekerja sama dngn nya tp ya kena cas jg, tp trus perbulanya ga kena ptong, cuma klo beli contoh 10.000 ente dpnya cm 9900 ter gantung harga dolar..jadi ga pas klo beli 10.000 dpt 10.000.
    syaratnya kt cm login dan isi dta doank.ber minat emeil ke ssardol@gmail.com tks brooo…

    • sama aja.,,,,aq kmrin nabung di bnk bri,,,,eh lama gak q tengok.,,,udh kpotong terus,,,,habis deh duit q,,,,,,
      wes mendingan npada nabung di celengan aja dah.,,,,,

      (((^_^;)

  10. nabung di bank sekarang rugi bro….apa lagi gak nabung di bank,,,
    msalnya nabung 1M, bunga skitar 4% (40jt/thn) potngan lain skitar 2%(20jt)…jdi anda untung 20jt/thn… tpi blom termaksud INFLASI negara/thn…contoh 1m bisa beli 100hktar tanah…stahun kmudian cuma dpt
    70hktr tnah…jadi keuntungan anda 20jt itu gk brguna….malah rugi….
    gak nbung lbih rugi lgi, selain LAJU INFLASI, sifat boros juga brpngaruh…

  11. thanks info nya sangat berguna.

    saya juga ga nyangka kalo ternyata semua bank di indonesia pajak nya wah tinggi tinggi juga. bener kata komen diatas kita sebagai nasabah dilema besar antara nabung dan ga nabung sama sama rugi. di bank kena charge terus tiap bulan kalo nabung di rumah was was.
    kalo gini aman tapi ga nyaman…

  12. ragu nabung di bank

    dlu.. perasaan., ada iklan *ayo nabung di bank* klo kayak gini s.. bukannya uang tersimpan aman.. inimah malah menyusut. fak !!!

  13. Mandiri jg saldo minimum 100rb, ini dapet susu anak 2 dus yg 400g. sayang banget tp gimana lg, gajian dr situ. nah biar g rugi sekarang (bagi yg punya kampung kayak aku) punya duit sejuta beliin kambing betina biar tetangga yg ngrawat, ntar paroan, dijamin untung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s